Thursday, 23 May 2019

Kisi-kisi UAS Genap

KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP
SMK BHAKTI KENCANA KENDAL
TAHUN PELAJARAN 2018-2019

Jenis Sekolah     :  SMK Bhakti Kencana Kendal                    Alokasi Waktu  :  90 menit
Mata Pelajaran   : Simdig                                                         Jumlah Soal      :  40 soal (PG : 35 + IS : 5) 
Kelas/Semester  :  X/ GENAP                                                 Kurikulum Acuan : Kurikulum 2013                                                                                                                                          (revisi 2017)
Kompetensi Inti         :
3.    Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup  Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig) pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4.    Keterampilan
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig). Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
No
Kompetensi Dasar
IPK
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
No Soal
1
3.8 Memahami konsep Kewargaan Digital
3.8.1 Menjelaskan konsep Kewargaan Digital.
Konsep Kewargaan Digital
Peserta didiik dapat menjelaskan  konsep Kewargaan Digital
PG
1
2
3.8 Memahami konsep Kewargaan Digital
3.8.1 Menjelaskan konsep Kewargaan Digital.
Konsep Kewargaan Digital
Peserta didik dapat menganalisa manfaat Kewargaan Digital
PG
2
3
3.8 Memahami konsep Kewargaan Digital
3.8.1 Menjelaskan konsep Kewargaan Digital.
Konsep Kewargaan Digital
Peserta didik dapat memahami komunikasi dalam Kewargaan Digital
PG
3
4
3.8 Memahami konsep Kewargaan Digital
3.8.2 Menjelaskan konsep internet safety.
Cyberbulliying dan Cyberharrasment
Peserta didik dapat mengetahui hukum Kewargaan Digital
PG
4
5
3.8 Memahami konsep Kewargaan Digital
3.8.2 Menjelaskan konsep internet safety.
Cyberbulliying dan Cyberharrasment
Peserta didik dapat menganalisa kejahatan Kewargaan Digital
PG
5
6
3.8 Memahami konsep Kewargaan Digital
3.8.2 Menjelaskan konsep internet safety.
Cyberbulliying dan Cyberharrasment
Peserta didik dapat menganalisa kejahatan Kewargaan Digital
PG
6
7
3.8 Memahami konsep Kewargaan Digital
3.8.2 Menjelaskan konsep internet safety.
Cyberbulliying dan Cyberharrasment
Peserta didik dapat menganalisa kejahatan Kewargaan Digital
PG
7
8
3.8 Memahami konsep Kewargaan Digital
3.8.2 Menjelaskan konsep internet safety.
Cyberbulliying dan Cyberharrasment
Peserta didik dapat menganalisa jenis kejahatan Kewargaan Digital
PG
8
9
3.8 Memahami konsep Kewargaan Digital
3.8.2 Menjelaskan konsep internet safety.
Cyberbulliying dan Cyberharrasment
Peserta didik dapat menganalisa kejahatan Kewargaan Digital
PG
9
10
3.8 Memahami konsep Kewargaan Digital
3.8.2 Menjelaskan konsep internet safety.
Menggunakan internet dengan aman
Peserta didik dapat menerapakan konsep menggunakan internet dengan aman
PG
10
11
3.9 Menerapkan teknik penelusuran Search Engine
3.9.2 Menentukan sintak penelusuran sesuai kebutuhan pencarian informasi.
Sintak pada mesin penelusur
Peserta didik dapat menganalisa fungsi sintak tertentu
PG
11
12
3.9 Menerapkan teknik penelusuran Search Engine
3.9.2 Menentukan sintak penelusuran sesuai kebutuhan pencarian informasi.
Sintak pada mesin penelusur
Peserta didik dapat menganalisa fungsi sintak tertentu
PG
12
13
3.9 Menerapkan teknik penelusuran Search Engine
3.9.2 Menentukan sintak penelusuran sesuai kebutuhan pencarian informasi.
Sintak pada mesin penelusur
Peserta didik dapat menganalisa fungsi sintak tertentu
PG
13
14
3.9 Menerapkan teknik penelusuran Search Engine
3.9.1 Menjelaskan komponen mesin penelusur.
Internet
Peserta didik dapat menjelaskan tentang Internet
PG
14
15
3.10 Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
3.10.1 Membedakan jenis komunikasi sinkron-asinkron.
Prosedur komunikasi daring sinkron dan asinkron
Peserta didik dapat menganalisa jenis komunikasi daring
PG
15
16
3.10 Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
3.10.1 Membedakan jenis komunikasi sinkron-asinkron.
Prosedur komunikasi daring sinkron dan asinkron
Peserta didik dapat menganalisa jenis komunikasi daring
PG
16
17
3.10 Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
3.10.1 Membedakan jenis komunikasi sinkron-asinkron.
Prosedur komunikasi daring sinkron dan asinkron
Peserta didik dapat menganalisa peralatan komunikasi daring
PG
17
18
3.10 Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
3.10.1 Membedakan jenis komunikasi sinkron-asinkron.
Prosedur komunikasi daring sinkron dan asinkron
Peserta didik dapat menganalisa jenis komunikasi daring
PG
18
19
3.10 Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
3.10.1 Membedakan jenis komunikasi sinkron-asinkron.
Prosedur komunikasi daring sinkron dan asinkron
Peserta didik dapat menganalisa jenis komunikasi daring
PG
19
20
3.10 Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
3.10.1 Membedakan jenis komunikasi sinkron-asinkron.
Prosedur komunikasi daring sinkron dan asinkron
Peserta didik dapat menganalisa penyedia layanan komunikasi daring
PG
20
21
3.10 Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
3.10.2 Menggambarkan proses komunikasi data sinkron dan asinkron.
Email
Peserta didik dapat mengolah data cara penggunaan setiap layanan sinkron dan asinkron dalam jaringan
PG
21
22
3.10 Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
3.10.2 Menggambarkan proses komunikasi data sinkron dan asinkron.
Email
Peserta didik dapat mengolah data cara penggunaan setiap layanan sinkron dan asinkron dalam jaringan
PG
22
23
3.10 Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
3.10.2 Menggambarkan proses komunikasi data sinkron dan asinkron.
Chat
Peserta didik dapat menganalisa penggunaan layanan komunikasi sinkron dan asinkron sesuai kebutuhan
PG
23
24
3.10 Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
3.10.2 Menggambarkan proses komunikasi data sinkron dan asinkron.
Chat
Peserta didik dapat menganalisa penggunaan layanan komunikasi sinkron dan asinkron sesuai kebutuhan
PG
24
25
3.10 Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
3.10.2 Menggambarkan proses komunikasi data sinkron dan asinkron.
Chat
Peserta didik dapat menganalisa penggunaan layanan komunikasi sinkron dan asinkron sesuai kebutuhan
PG
25
26
3.11 Menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring
3.11.1 Menjelaskan keunggulan pembelajaran jarak jauh.
Pembelajaran jarak jauh
Peserta didik dapat mengetahui penyedia layanan kelas maya
PG
26
27
3.11 Menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring
3.11.2 Menerapkan prosedur pendaftaran sebagai siswa dalam kelas maya.
Pembelajaran jarak jauh
Peserta didik dapat memahami prosedur pendaftaran sebagai siswa dalam kelas maya.
PG
27
28
3.11 Menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring
3.11.2 Menerapkan prosedur pendaftaran sebagai siswa dalam kelas maya.
Pembelajaran jarak jauh
Peserta didik dapat prosedur pendaftaran sebagai siswa dalam kelas maya.
PG
28
29
3.11 Menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring
3.11.3 Memilih fitur yang tepat dalam aktivitas khusus sesuai perintah guru.
Pemanfaatan layanan jejaring sosial daring untuk pembelajaran
Peserta didik dapat menganalisa kelebihan kelas maya
PG
29
30
3.11 Menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring
3.11.3 Memilih fitur yang tepat dalam aktivitas khusus sesuai perintah guru.
Pemanfaatan layanan jejaring sosial daring untuk pembelajaran
Peserta didik dapat menganalisa konsep kelas maya
PG
30
31
3.12 Merancang dokumen tahap pra-produksi
3.12.1 INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Memahami alur proses pembuatan video.
Konsep pembuatan video
Peserta didik dapat memahami konsep pembuatan video
PG
31
32
3.12 Merancang dokumen tahap pra-produksi
3.12.1 INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Memahami alur proses pembuatan video.
Konsep pembuatan video
Peserta didik dapat Peserta didik dapat memahami manfaat pembuatan video
PG
32
33
3.13 Menganalisis produksi video, animasi dan/atau musik digital
3.13.3 INDIKATOR VIDEO: Menganalisis sinematografi.
Sinematografi dasar
Peserta didik dapat menganalisa jenis Sinematografi dasar
PG
33
34
3.13 Menganalisis produksi video, animasi dan/atau musik digital
3.13.3 INDIKATOR VIDEO: Menganalisis sinematografi.
Sinematografi dasar
Disediakan gambar shoot, Peserta didik dapat menganalisa jenis Sinematografi dasar
PG
34
35
3.13 Menganalisis produksi video, animasi dan/atau musik digital
4.13.4 INDIKATOR ANIMASI: Mengoperasikan perangkat lunak animasi.
Perangkat lunak animasi 3D atau penyunting audio
Peserta didik dapat menganalisa Perangkat lunak animasi 3D
PG
35
36
3.9 Menerapkan teknik penelusuran Search Engine
3.9.2 Menentukan sintak penelusuran sesuai kebutuhan pencarian informasi.
Sintak pada mesin penelusur
Peserta didik dapat menerapkan fungsi sintak tertentu
isae
36
37
3.11 Menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring
3.11.2 Menerapkan prosedur pendaftaran sebagai siswa dalam kelas maya.
Pembelajaran jarak jauh
Peserta didik dapat menerangkan manfaat penggunaan pembelajaran dalam kelas maya.
isae
37
38
3.13 Menganalisis produksi video, animasi dan/atau musik digital
3.13.1 INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI:
Sinematografi dasar
Peserta didik dapat menganalisa dan menyebutkan format video, audio, dan gambar
isae
38
39
3.12 Merancang dokumen tahap pra-produksi
3.12.2 INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Membandingkan sinopsis, naskah, dan storyboard.
Teknik pembuatan sinopsis, naskah, dan storyboard
Desain karakter
Peserta didik dapat menjelaskan Teknik pembuatan sinopsis, naskah, dan storyboard
Desain karakter
isae
39
40
3.13 Menganalisis produksi video, animasi dan/atau musik digital
3.13.3 INDIKATOR VIDEO: Menganalisis sinematografi.
Sinematografi dasar
Disediakan gamdar Peserta didik dapat menganalisa dan menjelaskan dari jenis pengambilan gambar
isae
40
                                                                                                                                                                                                                                                                                    Kendal, ..... Mei 2019
                                                                                                                                                                                                                                                                                     Penyusun kisi-kisi



                                                                                                                                                                                                                                                                                     Dedi Agus S., S.Kom

Kisi-kisi UAS Genap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedi Agus

0 komentar:

Post a Comment