KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP
SMK
BHAKTI KENCANA KENDAL
TAHUN
PELAJARAN 2018-2019
Jenis Sekolah : SMK Bhakti
Kencana Kendal Alokasi
Waktu : 90 menit
Mata Pelajaran : Simdig Jumlah Soal : 40
soal (PG : 35 + IS : 5)
Kelas/Semester : X/ GENAP Kurikulum
Acuan : Kurikulum
2013 (revisi 2017)
Kompetensi Inti :
3. Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang
pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai
dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig)
pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan
potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga
masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4. Keterampilan
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan
prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan
lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital
(Simdig). Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang
terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif,
kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan,
gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
No
|
Kompetensi Dasar
|
IPK
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
No Soal
|
1
|
3.8 Memahami
konsep Kewargaan Digital
|
3.8.1
Menjelaskan konsep Kewargaan Digital.
|
Konsep
Kewargaan Digital
|
Peserta didiik dapat menjelaskan konsep Kewargaan Digital
|
PG
|
1
|
2
|
3.8
Memahami konsep Kewargaan Digital
|
3.8.1
Menjelaskan konsep Kewargaan Digital.
|
Konsep Kewargaan Digital
|
Peserta didik dapat menganalisa manfaat Kewargaan
Digital
|
PG
|
2
|
3
|
3.8
Memahami konsep Kewargaan Digital
|
3.8.1 Menjelaskan konsep Kewargaan Digital.
|
Konsep Kewargaan Digital
|
Peserta didik dapat memahami komunikasi dalam Kewargaan Digital
|
PG
|
3
|
4
|
3.8
Memahami konsep Kewargaan Digital
|
3.8.2
Menjelaskan konsep internet safety.
|
Cyberbulliying
dan Cyberharrasment
|
Peserta didik dapat mengetahui hukum Kewargaan
Digital
|
PG
|
4
|
5
|
3.8
Memahami konsep Kewargaan Digital
|
3.8.2
Menjelaskan konsep internet safety.
|
Cyberbulliying dan Cyberharrasment
|
Peserta didik dapat menganalisa kejahatan Kewargaan
Digital
|
PG
|
5
|
6
|
3.8 Memahami
konsep Kewargaan Digital
|
3.8.2
Menjelaskan konsep internet safety.
|
Cyberbulliying dan Cyberharrasment
|
Peserta didik dapat menganalisa kejahatan Kewargaan
Digital
|
PG
|
6
|
7
|
3.8
Memahami konsep Kewargaan Digital
|
3.8.2
Menjelaskan konsep internet safety.
|
Cyberbulliying dan Cyberharrasment
|
Peserta didik dapat menganalisa kejahatan Kewargaan
Digital
|
PG
|
7
|
8
|
3.8 Memahami
konsep Kewargaan Digital
|
3.8.2
Menjelaskan konsep internet safety.
|
Cyberbulliying dan Cyberharrasment
|
Peserta didik dapat menganalisa jenis
kejahatan Kewargaan
Digital
|
PG
|
8
|
9
|
3.8 Memahami
konsep Kewargaan Digital
|
3.8.2
Menjelaskan konsep internet safety.
|
Cyberbulliying dan Cyberharrasment
|
Peserta didik dapat menganalisa kejahatan Kewargaan
Digital
|
PG
|
9
|
10
|
3.8 Memahami
konsep Kewargaan Digital
|
3.8.2
Menjelaskan konsep internet safety.
|
Menggunakan
internet dengan aman
|
Peserta didik dapat menerapakan konsep menggunakan
internet dengan aman
|
PG
|
10
|
11
|
3.9 Menerapkan
teknik penelusuran Search Engine
|
3.9.2
Menentukan sintak penelusuran sesuai kebutuhan pencarian informasi.
|
Sintak
pada mesin penelusur
|
Peserta didik dapat menganalisa fungsi sintak
tertentu
|
PG
|
11
|
12
|
3.9 Menerapkan
teknik penelusuran Search Engine
|
3.9.2
Menentukan sintak penelusuran sesuai kebutuhan pencarian informasi.
|
Sintak
pada mesin penelusur
|
Peserta didik dapat menganalisa fungsi sintak
tertentu
|
PG
|
12
|
13
|
3.9 Menerapkan
teknik penelusuran Search Engine
|
3.9.2
Menentukan sintak penelusuran sesuai kebutuhan pencarian informasi.
|
Sintak
pada mesin penelusur
|
Peserta didik dapat menganalisa fungsi sintak
tertentu
|
PG
|
13
|
14
|
3.9 Menerapkan
teknik penelusuran Search Engine
|
3.9.1
Menjelaskan komponen mesin penelusur.
|
Internet
|
Peserta didik dapat menjelaskan tentang Internet
|
PG
|
14
|
15
|
3.10
Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
|
3.10.1
Membedakan jenis komunikasi sinkron-asinkron.
|
Prosedur
komunikasi daring sinkron dan asinkron
|
Peserta didik dapat menganalisa jenis komunikasi
daring
|
PG
|
15
|
16
|
3.10
Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
|
3.10.1
Membedakan jenis komunikasi sinkron-asinkron.
|
Prosedur
komunikasi daring sinkron dan asinkron
|
Peserta didik dapat menganalisa jenis komunikasi
daring
|
PG
|
16
|
17
|
3.10
Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
|
3.10.1
Membedakan jenis komunikasi sinkron-asinkron.
|
Prosedur
komunikasi daring sinkron dan asinkron
|
Peserta didik dapat menganalisa peralatan
komunikasi daring
|
PG
|
17
|
18
|
3.10
Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
|
3.10.1
Membedakan jenis komunikasi sinkron-asinkron.
|
Prosedur
komunikasi daring sinkron dan asinkron
|
Peserta didik dapat menganalisa jenis komunikasi
daring
|
PG
|
18
|
19
|
3.10
Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
|
3.10.1
Membedakan jenis komunikasi sinkron-asinkron.
|
Prosedur
komunikasi daring sinkron dan asinkron
|
Peserta didik dapat menganalisa jenis komunikasi
daring
|
PG
|
19
|
20
|
3.10
Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
|
3.10.1
Membedakan jenis komunikasi sinkron-asinkron.
|
Prosedur
komunikasi daring sinkron dan asinkron
|
Peserta didik dapat menganalisa penyedia layanan
komunikasi daring
|
PG
|
20
|
21
|
3.10
Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
|
3.10.2
Menggambarkan proses komunikasi data sinkron dan asinkron.
|
Email
|
Peserta didik dapat mengolah
data cara penggunaan setiap layanan sinkron dan asinkron dalam jaringan
|
PG
|
21
|
22
|
3.10
Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
|
3.10.2
Menggambarkan proses komunikasi data sinkron dan asinkron.
|
Email
|
Peserta didik dapat mengolah
data cara penggunaan setiap layanan sinkron dan asinkron dalam jaringan
|
PG
|
22
|
23
|
3.10
Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
|
3.10.2
Menggambarkan proses komunikasi data sinkron dan asinkron.
|
Chat
|
Peserta didik dapat menganalisa penggunaan layanan
komunikasi sinkron dan asinkron sesuai kebutuhan
|
PG
|
23
|
24
|
3.10
Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
|
3.10.2
Menggambarkan proses komunikasi data sinkron dan asinkron.
|
Chat
|
Peserta didik dapat menganalisa penggunaan layanan
komunikasi sinkron dan asinkron sesuai kebutuhan
|
PG
|
24
|
25
|
3.10
Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
|
3.10.2
Menggambarkan proses komunikasi data sinkron dan asinkron.
|
Chat
|
Peserta didik dapat menganalisa penggunaan layanan
komunikasi sinkron dan asinkron sesuai kebutuhan
|
PG
|
25
|
26
|
3.11
Menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring
|
3.11.1
Menjelaskan keunggulan pembelajaran jarak jauh.
|
Pembelajaran
jarak jauh
|
Peserta didik dapat mengetahui penyedia layanan
kelas maya
|
PG
|
26
|
27
|
3.11
Menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring
|
3.11.2
Menerapkan prosedur pendaftaran sebagai siswa dalam kelas maya.
|
Pembelajaran
jarak jauh
|
Peserta didik dapat memahami prosedur
pendaftaran sebagai siswa dalam kelas maya.
|
PG
|
27
|
28
|
3.11
Menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring
|
3.11.2
Menerapkan prosedur pendaftaran sebagai siswa dalam kelas maya.
|
Pembelajaran
jarak jauh
|
Peserta didik dapat prosedur
pendaftaran sebagai siswa dalam kelas maya.
|
PG
|
28
|
29
|
3.11
Menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring
|
3.11.3
Memilih fitur yang tepat dalam aktivitas khusus sesuai perintah guru.
|
Pemanfaatan
layanan jejaring sosial daring untuk pembelajaran
|
Peserta didik dapat menganalisa kelebihan kelas
maya
|
PG
|
29
|
30
|
3.11
Menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring
|
3.11.3
Memilih fitur yang tepat dalam aktivitas khusus sesuai perintah guru.
|
Pemanfaatan
layanan jejaring sosial daring untuk pembelajaran
|
Peserta didik dapat menganalisa konsep kelas maya
|
PG
|
30
|
31
|
3.12 Merancang
dokumen tahap pra-produksi
|
3.12.1
INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Memahami alur proses pembuatan video.
|
Konsep
pembuatan video
|
Peserta didik dapat memahami konsep
pembuatan video
|
PG
|
31
|
32
|
3.12 Merancang
dokumen tahap pra-produksi
|
3.12.1
INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Memahami alur proses pembuatan video.
|
Konsep
pembuatan video
|
Peserta didik dapat Peserta didik dapat memahami
manfaat pembuatan video
|
PG
|
32
|
33
|
3.13
Menganalisis produksi video, animasi dan/atau musik digital
|
3.13.3
INDIKATOR VIDEO: Menganalisis sinematografi.
|
Sinematografi
dasar
|
Peserta didik dapat menganalisa jenis Sinematografi
dasar
|
PG
|
33
|
34
|
3.13
Menganalisis produksi video, animasi dan/atau musik digital
|
3.13.3
INDIKATOR VIDEO: Menganalisis sinematografi.
|
Sinematografi
dasar
|
Disediakan gambar shoot, Peserta didik dapat
menganalisa jenis Sinematografi dasar
|
PG
|
34
|
35
|
3.13
Menganalisis produksi video, animasi dan/atau musik digital
|
4.13.4
INDIKATOR ANIMASI: Mengoperasikan perangkat lunak animasi.
|
Perangkat
lunak animasi 3D atau penyunting audio
|
Peserta didik dapat menganalisa Perangkat
lunak animasi 3D
|
PG
|
35
|
36
|
3.9 Menerapkan
teknik penelusuran Search Engine
|
3.9.2
Menentukan sintak penelusuran sesuai kebutuhan pencarian informasi.
|
Sintak
pada mesin penelusur
|
Peserta didik dapat menerapkan fungsi sintak
tertentu
|
isae
|
36
|
37
|
3.11
Menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring
|
3.11.2
Menerapkan prosedur pendaftaran sebagai siswa dalam kelas maya.
|
Pembelajaran
jarak jauh
|
Peserta didik dapat menerangkan manfaat penggunaan
pembelajaran dalam kelas maya.
|
isae
|
37
|
38
|
3.13
Menganalisis produksi video, animasi dan/atau musik digital
|
3.13.1
INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI:
|
Sinematografi
dasar
|
Peserta didik dapat menganalisa dan menyebutkan
format video, audio, dan gambar
|
isae
|
38
|
39
|
3.12 Merancang
dokumen tahap pra-produksi
|
3.12.2
INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Membandingkan sinopsis, naskah, dan storyboard.
|
Teknik
pembuatan sinopsis, naskah, dan storyboard
Desain
karakter
|
Peserta didik dapat menjelaskan Teknik
pembuatan sinopsis, naskah, dan storyboard
Desain
karakter
|
isae
|
39
|
40
|
3.13
Menganalisis produksi video, animasi dan/atau musik digital
|
3.13.3
INDIKATOR VIDEO: Menganalisis sinematografi.
|
Sinematografi
dasar
|
Disediakan gamdar Peserta didik dapat menganalisa
dan menjelaskan dari jenis pengambilan gambar
|
isae
|
40
|
Kendal,
..... Mei 2019
Penyusun
kisi-kisi
Dedi
Agus S., S.Kom
0 komentar:
Post a Comment